Profil dan Biografi Stan Shih - Pendiri Acer

Profil dan Biografi Stan Shih – Pendiri Acer

Posted on

Profil dan Biografi Stan Shih – Pendiri Acer – Stan Shih atau Shi Zhenrong merupakan ketua dari grup perusahaan Acer yang produknya begitu dikenal dikalangan orang Indonesia, mulai dari laptop, netbook, komputer, LCD dan lain-lain.

Profil Stan Shih

  • Nama Lengkap : Stan Shih
  • Alias : No Alias
  • Profesi : Pengusaha
  • Tempat Lahir : Chuanha
  • Tanggal Lahir : Senin, 18 Desember 1944
  • Zodiac : Sagittarius
  • Warga Negara : Taiwan

Profil dan Biografi Stan Shih - Pendiri Acer

Biografi Stan Shih

Stan Shih lahir dengan nama asli Shi Zhenrong. Beliau merupakan berkebangsaan Taiwan yang lahir pada tanggal 8 Desember 1944. Dengan latar belakang keluarga yang bukanlah dari keluarga berada. Stan Shih sendiri yang lahir di akhir pendudukan Jepang di daerah Taiwan harus merasakan bagaimana hidup susah dan miskin.

Sejak ia kecil Stan Shih merupakan anak yatim. Ia harus rela melepaskan masa kecilnya untuk bermain karena harus membantu ibunya untuk berjualan telur. Di setiap harinya selepas sekolah Stan Shih harus menjajakan telur-telur. Dari sinilah awal Stan Shih belajar berwirausaha. Meski kemiskinan menerpa hidupnya, Stan Shih tetap berusaha untuk meneruskan sekolahnya hingga ke jenjang yang paling tinggi. Ia berhasil Lulus dari SMA di Taiwan, dan meneruskan pendidikannya di Universitas National Jiao Tong di Taiwan. Dan dari university inilah akhirnya ia menerima gelar sarjana dan master di jurusan Teknik Elektro.

Setelah menyelesaikan pendidikannya Stan Shih kemudian menikah dengan Carolyn Yeh. Dan mereka memutuskan untuk menjadi wirausahawan dengan mendirikan Multitech pada tahun 1976. Dan di tahun 1987 Multitech berubah namanya menjadi Acer agar lebih mudah diingat. Perusahaan ini berhasil menghasilkan produk-produk berkualitas seperti komputer, laptop, LCD, notebook dan smart phone. Perusahaan ini kemudian mengalami perkembangan yang cukup signifikan dimana sekarang ini menjadi perusahaan teknologi komputer yang telah mendunia. Terbukti dari produk-produk Acer banyak juga di jumpai di pasaran Indonesia. Acer bisa bersanding dengan merk-merk papan atas seperti NEC, Toshiba, Dell, dan Hewlwett-Packard.

Pensiun Dini

Ketika tahun 2004 dimana perkembangan Acer begitu maju, Stan Shih yang merupakan pendiri dan sekaligus pemimpin Acer justru mengambil keputuskan untuk pensiun diusianya yang ke 60. Ini merupakan hal yang kontradiktif dengan kebiasaan pengusaha Tionghoa karena biasanya pengusaha Tionghoa justru akan bekerja keras dan tak peduli sampai umur berapa hingga dirinya tak sanggup. Namun Stan Shih berpikir lain. Ia ingin merubah hal itu. Menurutnya sebuah organisasi bisnis itu haruslah terjadi reformasi kepemimpinan dimana yang muda harus diberi kesempatan untuk dapat berkembnag agar perusahaan tersebut terus bisa eksis dan menjadi yang jauh lebih bahkan terbaik. Suatu perusahaan harus digerakkan oleh mereka darah-darah baru yang segar dan bertenaga serat yang dapat mengikuti perkembangan jaman yaitu kaum muda.

Menurutnya, dibawah kepemimpinan kaum muda ia berharap perusahannya bisa membuat gaya baru yang lebih agresif dan hal ini hanya bisa dicapai jika yang memimpin ialah kaum mudanya. Dan selama menjadi pemimpin Acer, Stan Shih juga dikenal sangat toleran dan sangat memperhatikan kesejahteraan karyawannya. Ia juga memperlakukan pegawainya layaknya keluarganya sendiri serta memberikan pembagian keuntungan selain gaji. Stan Shih dan keluarga termasuk orang yang sangat sederhana walau pada dasarnya ia bisa hidup glamour layaknya para konglomerat. Gaya hidupnya mencerminkan gaya hidup orang Taiwan yang sederhana, santai, harmonis, kuat, dan humoris.

Perkembangan Acer

Acer sekarang ini telah menjadi perusahaan raksasa dimana jumlah pekerjanya telah melebihi 39 ribu orang dan merambah ke lebih dari 100 negara diseluruh dunia. Dan pada tahun 2002 pendapatan Acer Group telah mencapai 12,9 miliar dollar. Meskipun Acer sudah menjadi salah satu perusahaan internasional namun kantor pusat Acer masih berada di negara asalnya yaitu Taiwan. Stan Shih pun tak berencana memindahkannya ke Amerika yang merupakan pusat industri dan teknologi, hal ini karena ia sangat mencintai Taiwan. Kantor pusat dari Acer tepatnya berada di kota Sijhih , Taipei County, Taiwan.

Pendiri Acer

Dan pada beberapa tahun belakangan, pasaran Acer di Amerika Utara merosot drastis namun nama Acer di Eropa justru kian melambung. Hal ini dikarenakan keikutsertaan Acer dalam mensponsori Tim Formula 1 Ferrari dan bekas tim F1, Prost Grand Prix.

Dan sekarang, Acer telah menjadi raksasa di dunia teknologi komputer dan smartphone. Hal ini tentu tidak lepas dari kerja keras dan jatuh bangun para pendahulunya. Dan sekarang para anak turunnya bisa menikmati hasil dari jerih payahnya, tentu saja harus terus inovatif agar bisa meningkatkan diri.

Karir Stan Shih

  1. Pendiri ACER Group
  2. Presiden direktur ACER Group
Penghargaan Stan Shih
  1. Asia’s top 25 Digital Elite oleh Asia’s Week edisi tahun 2000
  2. Masuk dalam Business Hall of Fame Asia Week tahun 1997
  3. Internastional Business Executive tahun 1999 oleh Academy of International Business
  4. Termasuk dalam dafter 25 Top Manager of the year oleh Business Week tahun 1995
  5. Salah satu dari Ten of the most Outstanding Persons in Taiwan

Sekian profil dari pendiri Acer yang sederhana Stan Shih, semoga hal positif dari kehidupannya dapat menginspirasi anda, semoga anda yang membaca mendapatkan manfaat, kami ucapakan terima kasih telah menyempatkan untuk membaca, dan sampai jumpa di artikel bermanfaat lainnya.

Baca Lainnya: