Profil dan Biografi Raymond Kroc - Pendiri McDonald’s

Profil dan Biografi Raymond Kroc – Pendiri McDonald’s

Posted on

Profil dan Biografi Raymond Kroc – Pendiri McDonald’s – Setiap ingin makan diluar pasti kita langsung ingat dengan salah satu gerai makan yang terkenal dengan kelezatan ayam goreng yang gurih dan renyah, hamburger dan kentang goreng. Siapa yang tidak mengenal tempat makan dengan brand “McDonald”. Tempat makan yang satu ini tidak pernah sepi dari pengunjung. Dalam kesempatan kali ini kami akan membahas tentang pendiri McDonald yaitu Ray Kroc.

Profil Pendiri McDonald’s

  • Nama Lengkap : Raymond Albert Kroc
  • Lahir : 5 Oktober 1902 di Oak Park, Illinois, A.S.
  • Meninggal : 14 Januari 1984 di umur ke 81 tahun di San Diego, California, A.S.
  • Kebangsaan : American
  • Pekerjaan : Pendiri McDonald’s Corporation
  • Partai politik : Republik
  • Pasangan : Ethel Fleming (1922–1961, divorced), Jane Dobbins Green (1963–1968, divorced) dan Joan Kroc (1969–1984, his death)

Biografi Pendiri McDonald’s

Profil dan Biografi Raymond Kroc - Pendiri McDonald’s

Raymond Albert Kroc atau lebih dikenal dengan Ray Kroc lahir di Oak Park, Illinois, AS pada tahun 1902. Beliau adalah seorang pengusaha yang membeli McDonald Corporation pada tahun 1955 dan menjadikan restoran tersebut sebagai yang terbaik dalam kategori restoran cepat saji terbesar di dunia. Ray Kroc merupakan salah satu dari 100 orang yang mendirikan industri raksasa yang paling berpengaruh versi majalah time. Ray juga pemilik dari tim baseball San Diego Padres yang berdiri sejak tahun 1974.

Ray Kroc lahir pada tahun di mana pada saat itu kegiatan kewirausahaan mulai berkembang di Amerika. Kroc hidup dimasa yang sama dengan Henry Ford dan William Durant yang merupakan dua orang industrialis terkenal di Amerika Serikat. Saat usianya 15 tahun Kroc mendaftarkan diri sebagai sopir ambulance untuk palang merah. Saat bekerja Kroc bertemu dengan Walt Disney yang merupakan seorang animator AS yang saat itu juga masih berumur 15 tahun. Untuk dapat masuk dalam dinas palang merah mereka berdua terpaksa membohongi penguji soal mur mereka karena batas minimal untuk masuk dalam palang merah dalah 17 tahun.

Saat perang usai Kroc mencoba bermacam-macam usaha untuk bisa mendapatkan uang sampai akhirnya Kroc memutuskan untuk menjadi salesman. Kroc menjual gelas kertas yang merupakan barang baru ketika itu. Ia memberika kontribusi yang sangat besar bagi perusahaan tempat Ia bekerja dalam perkembangannya sehingga Ia pun terpilih menjadi salah satu dari karyawan yang terbaik dalam perusahaan. Saat berkerja menjual gelas kertas Kroc bertemu dengan Earl Prince yang merupakan seorang penemu mixer yang dapat digunakan sebagai pembuat milkshake.

Suatu hari penjualan gelas kertas milik perusahaan Kroc bekerja mengalami penurunan sehingga manajemen terpaksa hatus memotong gajinya sekitar 10% dan Kroc tidak terima dengan keputusan itu karena Kroc beranggapan bahwa Ia telah bekerja jauh lebih keras dari yang lainnya dan memang seperti itu kenyataannya. Perusahaan pun merasa takut akan kehilangan seorang salesman terbaik di perusahaannya maka manajemen mengabulkan keinginan Kroc akan tetapi tak lama dari itu manajemen malah memotong gaji dari anak buah Kroc sehingga Kroc berang dan memutuskan untuk keluar dari perusahaan itu.

Setelah keluar dari perusahaan tersebut Kroc mulai mencari bisnis lain yang dapat menopang hidupnya. Kemudian Ia menemui Earl Prince seorang pria yang pernah ia temui saat berjualan gelas. Lalu Kroc mulai merayu Earl untuk memberinya hak eksklusif untuk dapat memasarkan formula dari milkshake buatan Earl. Earl pun mengabulkan permintaan Kroc dan dalam kurun waktu 15 tahun Kroc berhasil memasarkan produk ini keseluruh Amerika.

Saat menjual milkshake, Kroc sadar bahwa pelanggan terbesarnya datang dari sebuah restoran yang berada di California milik McDonald bersaudara. Kroc pun terbang menuju California untuk melihat bisnis pelanggannya itu. Sesampainya di sana Kroc menemukan bahwa restoran yang dimilki oleh McDonald bersaudara sudah berhasil mengadopsi sistem lini perakitan dlam membuat burger dan sandwich. Akan tetapi McDonald bersaudara tidak berkeinginan untuk mengembangkan usahanya lebih jauh. Kemudian Kroc mengajukan diri untuk menjadi terwaralaba bagi mereka. Dan pada tahun 1954 Kroc membuka gerai McDonald pertamanya di Des Plaines, Illinois.Dan pada tahun 1961 Kroc berhasil membeli McDonald’s Corporation dengan harga $2,7 juta dari McDonald bersaudara. Akan tetapi pada saat yang bersamaan kesehatan Kroc mulai memburuk dan semakin memburuk, Ia menderia diabetes dan arthritis.

Dalam rangka meningkatkan profit, Kroc mendirikan Franchise Reality Corporation yang memilki tugas utnk membeli tanah dan menjualnya ke franchise McDonald dengan menggunakan sistem kredit. Pada akhir 1961 Kroc mulai merekrut franchise dengan besar-besaran. Strateginya ini berhasil dan profit dari perusahaan yang dikelolanya meningkat. Karena besarnya pendapatan yang di dapatkan oleh McDonald sehingga mengakibatkan naiknya saham perusahaan di pasar finansial. Modal yang Ia dapatkan dari pasar finansial Ia gunakan untuk membuat kampanye iklan yang terfokus untuk memperkenalkan maskot perusahaan Ronald McDonald.

Walaupun retoran cepat saji McDonald miliknya sudah tersebar keseluruh nergeri namun Kroc masih kurang puas dan berniat untuk mengembangkan restorannya ke pasar luar negeri. Kemudian Ia membuka cabang di lebih dari 65 negara. Di pasar luar negeri McDonald terus menyesuaikan diri dengan budaya yang berlaku setempat. Sebagai contoh agar nama restoran miliknya mudah untuk diucapkan oleh konsumennya di Jepang maka ia mengubah nama McDonald enjadi Makudonaldo dan di India dan Timur Tengah daging babi tidak dimasukan dalam menu.

Tahun 1974 Kroc membeli tim baseball San Diego Padres dan membatalkan rencana mereka untuk pindah ke Washington, D.C. Ray Kroc meninggal pada tahun 1984 saat usianya 81 tahun, hanya berselang sepuluh bulan sebelum McDonald berhasil menjual hamburger ke 50 miliar-nya.

Itulah sekilas tentang Profil dan Biografi Raymond Kroc – Pendiri McDonald’s Semoga artikel ini dapat menambah pengetahuan dan menginspirasi kita semua untuk sukses. Terima kasih…sampai jumpa.

Baca Lainnya: