Profil dan Biografi Jen Hsun Huang - Pendiri Perusahaan Nvidia

Profil dan Biografi Jen Hsun Huang – Pendiri Perusahaan Nvidia

Posted on

Profil dan Biografi Jen Hsun Huang – Pendiri Perusahaan Nvidia – Jen Hsun Huang merupakan seorang pengusaha asal dari Taiwan sekaligus merupakan pendiri dari perusahaan Nvidia.

Profil Jen Hsun Huang

  • Nama : Jen Hsun Huang
  • Lahir : February 17, 1963 di Taipei, Taiwan
  • Alma mater : Oregon State University dan Stanford University
  • Pekerjaan : Co-founder, president and CEO, Nvidia
  • Pasangan : Lori Huang

Biografi Jen Hsun Huang

Profil dan Biografi Jen Hsun Huang - Pendiri Perusahaan Nvidia

Jen Hsun Huang lahir pada tanggal 17 Februari 1963 di Taipei, Taiwan. Ia merupakan seorang pengusaha asal Taiwan yang juga merupakan pendiri dari perusahaan Nvidia. Setelah meninggalkan Oneida Baptist Institute dan pindah ke Oregon dengan keluarganya. Di usia 15, ia mulai bermain tenis meja disebuah klub dipusat kota Portland dan ditempatkan sebagai ganda ketiga junior di AS Terbuka.

Jen Hsun Huang sendiri lulus dari Sekolah Tinggi Aloha, yang terletak di pinggiran barat Portland. Jen Hsun Huang kuliah di jurusan teknik listrik di Oregon State University dan berhasil mendapatkan gelar sarjana dari Oregon State University.

Dan di tahun 1984, dari Oregon State University, ia kemudian melanjutkan pendidikan dan berhasil mendapatkan gelar master di bidang teknik listrik dari Universitas Stanford pada tahun 1992. Saat kuliahnya di Oregon State, ia bertemu dengan Lori yang merupakan istrinya sekarang, Lori merupakan temannya sewaktu praktikum di laboratorium, mereka kemudian menikah dan dikaruniai dua orang anak. Setelah lulus kuliah, Jen Hsun Huang berkerja sebagai Direktur Coreware di LSI Logic & desainer mikroprosesor di Advanced Micro Devices, Inc (AMD).

Mendirikan Nvidia

Di tahun 1993 Jen Hsun Huang memutuskan untuk keluar dari perusahaan AMD dan ia mendirikan perusahaan yang diberi nama Nvidia serta menjadi CEO sekaligus Presiden direktur dari perusahaannya tersebut dengan dibantu oleh Chris Malachowsky (ahli elektronika dari Sun Microsystem), Curtis Priem (senior staff & graphic chip designer dari Sun Microsystem). Alamat kantor NVIDIA sendiri di pusat di Santa Clara, California, USA. Dia memiliki sebagian saham Nvidia sekitar USD $ 512.400.000 pada tahun 2006. Jen Hsun Huang sendiri memperoleh penghasilan sebesar $ 24.600.000 sebagai seorang CEO dari Nvidia pada tahun 2007, dia masuk ke dalam peringkat ke-61 AS sebagai CEO yang digaji termahal oleh perusahaan menurut versi majalah Forbes.

Ide nama nvidia sendiri sebagai nama perusahaan digagas dari kombinasi antara huruf inisial n sebagai variabel dalam matematika, dan kata vidia berasal dari bahasa latin yang artinya melihat hingga pada akhirnya nama tersebut memiliki makna yaitu “pengalaman visual terbaik” akan tetapi dalam publikasi dan dokumentasi perusahaannya, nama nvidia sendiri lebih sering ditulis dalam huruf kapital NVIDIA. Jen Hsun Huang sendiri kemudian memberikan sumbangan kepada almamaternya yaitu Stanford University yaitu sebesar US $ 30 juta untuk membangun “Jen-Hsun Huang School of Engineering Center”. Bangunannya tersebut dirancang oleh Boora Arsitek dari Portland, Oregon. Ia merupakan penerima penghargaan pada tahun 2007 dari Pemimpin Bisnis Award Silicon Valley Education Foundation Pioneer untuk karyanya dikedua dunia perusahaan & filantropis.

Di bawah kepemimpinnya, NVIDIA berhasil menemukan graphics processing unit (GPU) ditahun 1999. Dan sejak saat itu, secara konsisten ia menetapkan standar baru dalam komputasi visual dengan breathtaking, grafis interaktif yang tersedia pada perangkat mulai dari smartphone & tablet untuk notebook & workstation. Keahlian NVIDIA dalam GPU yang telah diprogram telah menyebabkan terobosan baru dalam pengolahan paralel yang membuat berhasil superkomputer murah dan bisa diakses secara luas. Perusahaan ini sendiri memiliki lebih dari 5.000 hak paten di AS, termasuk yang meliputi desain & wawasan mendasar untuk komputasi modern.

Jen Hsun Huang merupakan seorang penerima Penghargaan Dr. Morris Chang Exemplary Leadership Award dari Asosiasi Semikonduktor global sebagai pengakuan atas kontribusinya yang sangat luar biasa untuk mendorong peluang pengembangan, inovasi, pertumbuhan & jangka panjang dari industri semikonduktor fabless. Dia juga telah menerima Daniel J. Epstein Engineering Award Manajemen dari University of Southern California & gelar doktor kehormatan dari Oregon State University.

Itulah singkat Profil dan Biografi Jen Hsun Huang yang merupakan Pendiri Perusahaan Nvidia, semoga bermanfaat dan sampai jumpa.

Baca Lainnya: